Selamat datang di steelindonesia.com,  Daftar Masuk 
 
Berita Seputar Industri Besi dan Baja

Trisula Rambah Bisnis Jasa Konstruksi


Trisula Rambah Bisnis Jasa Konstruksi

BALIKPAPAN-Sukses menjadi salah satu perusahaan bisnis garmen dan konveksi terbesar di Kaltim, tidak membuat Trisula Colletion berhenti berinovasi. Karena itu, di triwulan pertama tahun 2010 ini, Trisula justru melakukan diversifikasi usaha dengan memasukki bisnis jasa konstruksi. “Tahun ini, kami memang berencana membuat holding company atau grup perusahaan berlabel Trisula.

Salah satunya di bidang jasa konstruksi lewat PT Trisula Yasa Karya Kencana,” kata Direktur Trisula Group, H Sutrisno menjawab Metro di kantornya, Senin (15/3) kemarin. Bergerak di bidang general kontraktor, perusahaan yang baru didirikannya ini, terang Sutrisno, di tahap awal fokus melayani jasa pemasangan atap dak baja ringan, termasuk span deck, habim, dak cor dan lainnya.

“Kami bekerjasama dengan PT Krakatau Steel dan PT Gama Steel, dengan melayani permintaan di sejumlah kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Banjarmasin hingga Balikpapan,” ujarnya. Di Balikpapan, kata dia, salah satu pekerjaan yang tengah digarap adalah pemasangan atap proyek Pasar Baru Square (PaBas) yang kini masih berjalan.

Sementara dengan PT Wijaya Karya (Wika), pihaknya tengah negoisasi untuk pemasangan atap rangka baja ringan ratusan unit rumah yang dibangun Wika. “Saat ini, kami juga tengah negoisasi pemasangan atap sejumlah gudang sawit dan lainnya. Sehingga, di Kaltim khususnya Balikpapan, kami berharap produk baja ringan yang ditawarkan Trisula bisa jadi rujukan masyarakat,” paparnya.

Apalagi, tandas dia, seiring kampanye Kaltim Hijau dan isu global warming atau pemanasan global, maka pemakaian material kayu untuk konstruksi, baik itu gedung maupun rumah, sedapat mungkin dikurangi. Salah satu alternatifnya, lewat hadirnya konstruksi baja ringan ini. Trisula Group menurut dia tidak berhenti sampai di situ.

Selain tetap fokus dengan core business atau bisnis utama di industri garment, pihaknya juga berencana membuka perusahaan jasa penyalur tenaga kerja atau labour supply, untuk kebutuhan dalam hingga luar negeri. “Jujur saja, lewat ekpor yang pernah kami lakukan langsung ke Malaysia, Singapura dan Belanda, ternyata ada peluang untuk memasok tenaga kerja.

Celah itulah, yang kami coba untuk ditangkap lewat rencana pembukan perusahaan baru Trisula ini,” tutur Sutrino yang juga Ketua Asosiasi Penjahit dan Konveksi Balikpapan (Apeksib) dan Ketua Forum Komunikasi Keluarga Jawa Timur (FKKJT) ini. Menariknya, Trisula tandas dia, juga punya obsesi besar untuk mendirikan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Balikpapan.

Alasannya, BPR sangat dibutuhkan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Balikpapan. Para pedagang pasar, PKL dan lainnya, kata dia, selama ini banyak terbentur dengan persyaratan yang birokratis saat mereka berhubungan dengan bank konvensional. Apalagi, kalau ditambah kewajiban menyediakan jaminan, yang umumnya selalu dijadikan syarat utama perbankan bagi pelaku UMKM saat mengajukan permohonan kredit.

Akibatnya, banyak pelaku UMKM yang “terpaksa” mengambil jalan pintas, dengan meminjam dana di rantenir dan perusahaan jasa pembiyaan lainnya.”Padahal, bunga yang ditawarkan selisihnya cukup jauh dibandingkan perbankan. Ini, yang coba kita jawab lewat hadirnya BPR,” sergah dia.

Bukankah Kadin Balikpapan pernah berencana mendirikan BPR seperti dilansir Metro kemarin? Sutrisno mengatakan, ia sangat tertarik melanjutkan rencana pendirian BPR UMKM Kadin itu, kalau diberi kesempatan.

“Kami menunggu jawaban Kadin, karena memang sudah ada pembicaraan ke arah sana. Tapi, kalaupun lewat kadin belum bisa, agenda pendirian BPR Trisula tetap kami jalankan, karena saya juga punya jaringan yang cukup bagus dengan sejumlah kalangan perbankan di Balikpapan,” pungkasnya.(rud)

Sumber Berita :
http://www.metrobalikpapan.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=32552

Steel News
SteelBB

SBB writes original, independent, global steel news and steel price information. We produce steel industry reports, conduct bespoke research, create maps and hold steel industry events around the world.


Metal Bulletin

Metal Bulletin is the leading source of the very latest global steel and metals market news, prices and expert analysis


Steel Guru

Online billet price in India, Tmt Bar Price, Rebar price, HDG, Galvanized Price in India, Cr Coil Price, cold Roll Prcie, Hr coil Price, iron ore Prcie


Steel.org

American Iron and Steel Institute


World Steel

World Steel Association


MEPS (International) LTD

MEPS (International) LTD is a leading consultancy company operating in the steel sector worldwide.


Steel Orbis

SteelOrbis is a unique e-marketplace and market intelligence provider that offers up-to-date news on the steel industry and steel trading from one single source.


Share |

Komentar Anda :



Info terkait :