Welcome to steelindonesia.com,  Join free | Sign in 
News | Events | Forum | Regulations | Glossary | Unit Convertion | Articles | Guest Book | Photo Gallery | Web Link | Supporting Letters | About Us

Steelindo Marketing

Statistics

News about Iron and Steel Industry

Industri Baja dan Kertas Didesak Turunkan Emisi Karbon

Selasa, 23 November 2010 | 15:21 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Kementerian Perindustrian mendesak industri baja dan kertas untuk untuk mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) sebagai awal program implementasi konservasi energi di sektor industri. Sedikitnya 35 produsen baja dan 15 produsen kertas di wilayah Sumatera, Jawa bagian Barat, dan Jawa Bagian Timur bakal melaksanakan penghitungan emisi hingga tahun depan.

Mereka bakal disertakan dalam program pengurangan emisi yang didanai oleh negara donor di bawah koordinasi dalam Badan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP). Hal tersebut sesuai dengan rencana aksi nasional sektor industri yang dapat menurunkan emisi gas rumah kaca 1 juta ton setara CO2 dengan pendanaan sendiri atau 5 juta ton dengan bantuan luar negeri.

Menurut Menteri Perindustrian M.S. Hidayat, program implementasi konservasi energi ini akan dijalankan dalam empat tahap, yaitu implementasi konservasi energi dan pengurangan emisi CO2 di sektor industri, implementasi eco-label, promosi pengurangan CO2, dan pembentukan energy services company (Esco).

Pada tahap pertama Kementerian bekerja sama dan mendapatkan bantuan pendanaan untuk mendiagnosa dan menganalisis emisi di sektor industri baja dan kertas. "Di sektor industri ada tiga sumber emisi gas rumah kaca, yaitu penggunaan energi sebesar 40 persen. Sisanya dari teknologi proses dan limbah yang dihasilkan industri," katanya.

Direktur Eksekutif Indonesian Iron and Steel Industry Association (IISIA) Edward Pinem mengatakan industri baja termasuk salah satu yang cukup banyak menggunakan energi, baik listrik, gas alam, dan batu bara. "Semakin banyak energi yang digunakan dalam proses produksi terutama di bidang pembuatan besi dan baja semakin tinggi jumlah emisi CO2 yang dihasilkan," katanya.

Edward mengatakan pada tahap pembuatan baja, energi yang diperlukan antara 1.468 sampai 3.120 juta kalori per ton. Emisi CO2 yang dihasilkan antara 0,43 sampai 0,9 ton setiap satu ton baja. Hal ini juga berkaitan dengan teknologi proses produksi yang digunakan dan pemilihan bahan baku yang dipakai.

Ia meminta pemerintah agar memberi perhatian pemakaian teknologi hemat energi dan ramah lingkungan di sektor industri baja. Pasalnya saat ini banyak relokasi industri baja masuk ke Indonesia sejalan dengan meningkatnya investasi di sektor ini. Ironisnya, yang masuk adalah industri yang terkena larangan beroperasi di negara asal karena tidak memenuhi ketentuan keamanan lingkungan.

Ketua Asosiasi Pulp dan Kertas M. Mansyur mengatakan kalangan industri bubur kertas (pulp) dan kertas sudah memulai usaha memenuhi persyaratan ramah lingkungan dengan menggunakan mesin dan peralatan hemat energi dan ramah lingkungan. Hal itu terkait dengan persaingan dalam bisnis baja yang semakin ketat dan meningkatnya tuntutan memenuhi persyaratan ramah lingkungan.

"Negara-negara tujuan ekspor dan para pembeli produk kami semakin menuntut pulp dan kertas yang diproduksi dari sumber yang legal dan dilengkapi dengan sertifikat resmi yang menjelaskan mengenai legalitasnya," tutur dia. Otomatis industri sangat memperhatikan hal ini karena hampir 50 persen pasar pulp dan kertas adalah ekspor.

Sumber Berita :
http://www.tempointeraktif.com/hg/bisnis/2010/11/23/brk,20101123-293809,id.html

Steel News
SteelBB

SBB writes original, independent, global steel news and steel price information. We produce steel industry reports, conduct bespoke research, create maps and hold steel industry events around the world.


Metal Bulletin

Metal Bulletin is the leading source of the very latest global steel and metals market news, prices and expert analysis


Steel Guru

Online billet price in India, Tmt Bar Price, Rebar price, HDG, Galvanized Price in India, Cr Coil Price, cold Roll Prcie, Hr coil Price, iron ore Prcie


Steel.org

American Iron and Steel Institute


World Steel

World Steel Association


MEPS (International) LTD

MEPS (International) LTD is a leading consultancy company operating in the steel sector worldwide.


Steel Orbis

SteelOrbis is a unique e-marketplace and market intelligence provider that offers up-to-date news on the steel industry and steel trading from one single source.


Share |

Komentar Anda :



Info terkait :